Equityworld Futures Pusat : Fitch menurunkan peringkat utang perusahaan minyak Meksiko Pemex ke status “junk”

Equityworld Futures Pusat – Fitch pada hari Kamis menjadi lembaga pemeringkat besar pertama yang menurunkan peringkat utang perusahaan minyak Meksiko Pemex ke status “junk”, dalam sebuah kemunduran besar bagi rencana Presiden Andres Manuel Lopez Obrador untuk menghidupkan kembali firma yang dikelola pemerintah.

Fitch mengubah peringkat kredit Pemex dari tingkat investasi menjadi tingkat spekulatif, atau “sampah”, dengan pandangan negatif, sehari setelah menurunkan peringkat utang negara Meksiko, sebuah keputusan yang dikritik oleh kementerian keuangan Meksiko.

Peringkat baru untuk Pemex adalah BB + dan utang negara Meksiko BBB.

Penurunan peringkat kedua oleh Moody’s, yang memberi peringkat obligasi satu tingkat di atas sampah, dapat menghasilkan sebanyak $ 16 miliar penjualan paksa oleh investor yang mandatnya menetapkan mereka harus memiliki obligasi dengan kualitas tingkat investasi.

Pemex memiliki utang finansial senilai $ 106 miliar, menjadikannya perusahaan minyak yang paling berhutang budi di dunia, dengan para investor memperingatkan pada hari Selasa sebelumnya bahwa penurunan peringkat akan segera terjadi karena langkah-langkah yang diambil tidak cukup.

Equityworld Futures Pusat : “Strategi turnaround masih hilang,” kata Abbas Ameli-Renani, manajer portofolio pasar negara berkembang global di manajer aset Amundi.

“Kebijakan yang paling mendukung dari pemerintah adalah keringanan pajak yang akan memungkinkan Pemex menjadi arus kas positif.”

Pemerintah Meksiko pada bulan Mei meluncurkan langkah-langkah untuk membantu Pemex dengan utangnya dan secara bertahap mengurangi beban pajaknya.

Baca juga : Equityworld Futures Pusat : AS Memperketat Sanksi Minyak Venezuela, Investor Enggan Ambil Resiko

Fitch mengatakan klasifikasi baru akan berlaku untuk sekitar $ 80 miliar obligasi yang beredar yang dipegang oleh investor mulai dari dana pensiun hingga dana kekayaan negara.

“Meskipun Pemex telah menerapkan beberapa pemotongan biaya (langkah-langkah) dan menerima pemotongan pajak moderat dari Meksiko, perusahaan terus sangat kurang berinvestasi dalam bisnis hulu, yang dapat menyebabkan produksi lebih lanjut dan penurunan cadangan,” kata Fitch dalam sebuah pernyataan.

“Tingkat transfer yang sangat tinggi dari Pemex ke pemerintah Meksiko terus secara signifikan menekan generasi arus kas Pemex dan kemampuan reinvestasi serta melemahkan profil kredit mandiri,” tambahnya.

Kementerian keuangan Meksiko mengkritik langkah Fitch dan menegaskan kembali dukungannya untuk Pemex, yang digambarkan sebagai bagian integral dari ekonomi Meksiko.

“Tindakan ini diambil pada utang negara Meksiko dan Pemex meskipun pemerintah telah menunjukkan dukungan total bagi perusahaan dan berusaha mencari solusi untuk masalah struktural dan keuangannya,” kata kementerian itu.

Fitch juga menurunkan CFE perusahaan utilitas negara Meksiko dari BBB + menjadi BBB dan merevisi prospeknya menjadi stabil dari negatif, menunjukkan bahwa investor tidak akan mengharapkan tindakan pemeringkatan lain dalam waktu dekat.

Lopez Obrador menjabat pada bulan Desember dengan ambisi untuk membangun kilang $ 8 miliar, tetapi lembaga pemeringkat dan investor khawatir ini mengalihkan dana dari bisnis eksplorasi dan produksi yang lebih menguntungkan.

“Kami mengharapkan upaya berkala yang berkelanjutan oleh pemerintah (Lopez Obrador) untuk menopang keuangan untuk mencegah lebih banyak penurunan peringkat untuk Pemex,” kata James Barrineau, kepala relatif utang pasar negara berkembang di Schroders (LON: SDR).

Jika dua dari tiga lembaga pemeringkat mengklasifikasikan Pemex sebagai “sampah” itu akan menjadi malaikat yang jatuh terbesar – perbedaan memalukan bagi peminjam yang turun dari tingkat investasi ke sampah – dalam sejarah.

Sumber Reuters di edit oleh Equityworld Futures Pusat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s